Dasar-Dasar Cara Melakukan Senam Kegel Pada Ibu Hamil dan Variatifnya

Share it:
Banyak para pakar kebidanan yang menyarankan para ibu hamil untuk melakukan senam kegel, terutama para ibu hamil yang masa kehamilannya lebih dari 6 bulan. Apakah senan kegel itu? Dan bagaimana cara melakukan senam kegel pada ibu hamil? Berikut ulasannya.


Senam kegel lebih merupakan gerakan ringan yang bermanfaat untuk mengencangkan daerah sekitar otot pinggul bawah. Sebenarnya senam kegel ini bertujuan untuk mempermudah proses persalinan secara normal. Tetapi senam kegel ini juga rupanya juga dapat mengencangkan otot rahim, kantong kemih dan usus besar hingga selain bisa mempermudah persalinan juga bisa membantu mengontrol otot dalam buang air dan menambah perfoma hubungan intim. Oleh karena manfaat itulah, maka para ibu hamil disarankan melakukan senam kegel ini. Adapun cara melakukan senam kegel, adalah sebagai berikut;

  • Posisikan tubuh secara berbaring telentang dengan tangan disamping tubuh. Bukalah kaki sekitar 30 cm lalu tekuk lutut dengan telapak kaki menyentuh lantai. Sementara posisi kepala seperti biasa tersangga dengan bantal.
  • Kemudian relakskan otot tubuh kecuali bagian otot-otot dasar panggul. Atur nafas secara normal dan jangan menegangkan otot paha, pantat dan juga perut selama melakukan gerakan ini. Lalu kontraksikanlah bagian sekitar otot panggul/pinggul dari ringan ke berat dan tahan selama sekitar 5 detik dan dilakukan secara gerakan lambat. Ulangi sampai beberapa kali gerakan ini, mulai yang dari gerakan lambat atau dipeercepat secara bertahap dan berirama. Gerakan tersebut merupakan dasar senam kegel. Adapun variatifnya adalah sebagai berikut;
  • Ambil kursi dan duduklah dikursi dengan kaki sedikit terbuka dan posisi punggung lurus. Kemudian lakukan gerakan buang angin, dimana di anus akan terasa masuk tanpa harus menggerakan bokong dan paha. Lakukanlah beberapa kali secara bertahap dan berirama.
  • Setelah itu lakukanlah gerakan seolah-olah atau seakan-akan menghentikan aliran air kencing di kantong kemih. Kemudian lepaskanlah secara perlahan. Lakukan secara bertahap dan beirama. Gerakan ini bisa dipadukan dengan gerakan buang angin diatas. Dan usahakan melakukan senam kegel ini secara teratur dan rutin dua kali setiap harinya.

Demikianlah dasar-dasar cara melakukan senam kegel pada ibu hamil dan variatifnya. Lakukan secara rutin senam kegel ini dan sertai dengan pola makan sehat agar kelahiran dapat berjalan lancar.
Share it:

persiapan melahirkan

Post A Comment:

0 comments: