Bagaimana Cara Membersihkan Gigi Yang Kuning Pada Balita?

Share it:
Kesehatan gigi pada balita harus terjaga dengan baik. Mengapa demikian? Karena dampaknya akan jangka panjang sampai mereka dewasa. Gigi menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi ampuh sebagai pengahancur makanan. Jika tidak dirawat dengan baik, misalnya jarang menyikat gigi, sementara gigi setiap hari digunakan untuk mengunyah makanan, maka akan menimbulkan berbagai permasalahan pada gigi.

Masalah yang timbul diantaranya gigi menjadi kuning, berkerak bahkan jika jarang dirawat gigi bisa berlubang dan mengalami kerusakan. Jika kerusakan belum cukup parah, tentu akan mudah tentu gigi akan mudah diperbaiki kembali. Namun jika terlanjur parah bisa saja penanganannya menjadi lebih lama bahkan gigi anda beresiko dicabut dan mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Gigi menjadi kuning dan tidak putih merupakan gejala yang masih tergolong permasalah gigi yang belum cukup parah, namun apabila keadaan ini dibiarkan, selain merusak penampilan senyum balita yang menggemaskan itu, bahkan bisa mengalami kerusakan yang lebih parah. Banyak orang mencari tahu cara membersihkan gigi yang kuning pada balita.

Sejumlah Bahan untuk Mengatasi Gigi Kuning Balita


Untuk anda yang memiliki cukup uang untuk membawa anak anda ke klinik gigi, maka bawalah kesana untuk gigi yang lebih putih. Tetapi ada juga cara sehat membersihkan gigi yang kuning pada balita yang murah, seperti dengan menggunakan:

  • Siwak. Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi dengan menggosokkan siwat tersebut pada gigi.
  • Strawberry. Tidak hanya enak dikonsumsi, strawberry mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Beberapa seleb hollywood seperti Catherine Zeta-Jones dan Tyra Banks bahkan terbiasa menggunakan strawberry sebagai bahan pemutih gigi. Cara tinggal gosokkan saja buah ini pada gigi balita anda.
  • Kulit jeruk. Mulai sekarang jangan kamu buang kulit jeruk. Siapa yang menyangka, kulit jeruk memiliki khasiat yang besar untuk merawat gigi. Gunakan kulit jeruk yang masih segar untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan dengan penggunaan rutin, gusi kamu juga akan lebih sehat dan terbebas dari bakteri.
  • Minyak kelapa. Sama seperti cara cara diatas, gosokkan minyak kelapa pada gigi untuk gigi yang lebih putih.
  • Arang kayu. Aneh memang memutihkan gigi dengan menggunakan bahan yang jelas-jelas berwarna hitam. Meski demikian jangan sepelekan arang kayu, karena ia memiliki kandungan yang dapat menghilangkan warna kuning di gigi. Namun usahakan menggunakan arang kayu 1-2 kali saja, mengingat sifatnya dapat mengikis email gigi, sehingga penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan rasa ngilu dan sakit gigi.
  • Lemon dan garam. Sama halnya dengan arang kayu, garam juga dapat mengikis lapisan gigi. Dengan demikian, menggunakan garam sangat efektif untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Namun ingat, usahakan jangan menggunakan secara berlebihan, karena dapat mengakibatkannya rusak.
  • Pakai baking soda. Baking soda mungkin lebih familiar sebagai salah satu bahan wajib ketika membuat roti dan kue. Siapa sangka, ternyata baking soda juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan noda di gigi. Sifat abrasifnya yang cukup tinggi dapat membantu mengangkat kotoran kecil yang menempel di gigi.

Itulah ulasan mengenai cara membersihkan gigi yang kuning pada balita yang dapat anda terapkan sehari hari.
Share it:

perkembangan janin dan bayi

Post A Comment:

0 comments: