Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil Muda

Share it:
Gangguan sakit kepala atau migran menjadi salah satu gejala umum yang banyak dialami oleh para ibu yang sedang hamil, terutama hamil muda. Biasanya gejala sakit kepala pada ibu hamil dapat berlangsung sekitar satu jam. Bila tidak tahan dengan rasa sakit kepala, tetap disarankan  untuk langsung meminum obat demi kekehatan janinnya nanti.


Sakit kepala pada ibu hamil masih bisa diatasi dengan cara alami tanpa harus meminum obat yang bisa membahayakan janinnya. Apa sajakah cara-cara alami dan efektif dalam mengatasi sakit kepala pada ibu hamil, terutama pada ibu hamil muda ini? Untuk itu, langsung simak saja beberapa cara mengatasi sakit kepala pada ibu hamil muda;

1.       Mencari tahu penyebab atau pemicu sakit kepala
Cara mencari tahu tentang penyebab atau pemicu dari rasa sakit kepala di sini sangat berguna untuk memudahkan dalam mengatasi bahkan bisa mencegah hal itu terjadi lagi nantinya. Biasanya pemicu sakit kepala pada ibu hamil berasal dari makanan atau minuman atau adanya aktivitas yang berlebihan.

2.       Menghindari makanan pemicu
Bila Anda sudah mengetahui pemicu sakit kepala Anda, maka cobalah untuk bisa menghindari atau mengurangi kadar pemicu itu. Biasanya makanan yang mengandung MSG, nitrat, pemanis buatan, kacang-kacangan tertentu, makanan frementasi bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala Anda. Selain makanan, beberapa situasi yang tak nyaman juga bisa menyebabkan ibu hamil muda sering mengalami sakit kepala, seperti ruangan panas, suara keras atau berisik, bau-bauan yang menyengat.

3.       Memakai kompres
Cara ini memang kebanyakan hanya mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi bila dibantu dengan aroma terapi tentu akan lebih efektif dalam mengatasi sakit kepala yang mengganggu ini. Jadi bila Anda sedang sakit kepala, kompres air hangat atau dingin pada bagian dahi sembari tiduran dengan relaks.

4.       Jangan bepergian dalam kondisi lapar dan haus
Bagi para ibu hamil muda yang hendak bepergian ke suatu tempat,  hendaknya dalam kondisi fit dengan perut telah terisi dengan baik. Usahakan selalu membawa air minum karena ibu hamil biasanya cepat merasa haus dan juga demi menghindari dehidrasi dalam perjalanan. 

5.       Jangan sampai kelelahan dalam beraktivitas
Menurut para dokter kandungan, ibu hamil tidak boleh terlalu lelah dalam beraktivitas kesehariannya. Jadi tidur atau istirahat yang cukup, terutama pada siang dan malam hari tentu akan bisa menghindari bahkan mengatasi sakit kepala yang sering dikeluhkan para ibu hamil.

6.       Lakukan olahraga ringan dan relaksasi secara teratur
Olahraga ringan seperti berjalan santai secara teratur bisa membantu mengatasi atau mengurangi sakit kepala pada ibu hamil, terutama hamil muda. Selain itu juga, olahraga ringan ini juga mampu mengurangi tingkat stress yang bisa pemicu rasa sakit kepala yang sering dialami  oleh para ibu hamil. Demikian juga sama halnya dengan melakukan relaksasi, seperti yoga misalnya.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala pada ibu hamil muda yang dapat diterapkan secara aman. Tetap jaga kesehatan untuk kebahagiaan dan kelancaran menjelang hari kelahiran.
Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

pengobatan alami

Post A Comment:

0 comments: