Inilah Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang Aman dan Alami

Share it:
Gangguan sembelit menjadi salah satu yang umum dialami oleh para ibu hamil, selain gangguan migrain, pusing, mual, dan muntah. Hal tersebut lebih dikarenakan adanya perubahan hormon yang mampu membuat sistem pencernaan bisa menjadi melambat sehingga dapat mengakibatkan gangguan sembelit atau sulit buang air besar.


Meskipun sembelit termasuk gangguan yang cukup ringan, tetapi tetaplah harus diwaspadai agar tidak terjadi lagi. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi sembelit pada ibu hamil secara alami dan aman untuk dipraktekkan di rumah. Berikut tips cara mengatasi gangguan sembelit;

1.       Mengkonsumsi serat secara rutin setiap hari

Para ibu hamil memang disarankan untuk selalu menjaga pola makanannya, termasuk gizi keseimbangan dalam makanan kesehariannya. Memakan buah dan sayuran yang berwarna hijau khususnya tidak hanya membantu dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya saja, tetapi bisa bermanfaat dalam mengatasi gangguan sembelit. Hal tersebut karena sayur dan buah banyak mengandung zat serat  yang berfungsi sebagai zat pembantu darah dalam mengalirkan nutrisi dalam pencernaan.

2.       Memperbanyak minum air putih

Cara ini hampir sama fungsinya  dengan memakan makanan berserat tinggi di atas. Dengan banyak meminum air putih, para ibu hamil akan merasa lebih baik dan ringan karena sistem aliran darahnya terbantu oleh asupan air putih yang dikonsumsinya. 

3.       Melakukan gerakan fisik atau olahraga ringan secara rutin

Para ibu hamil disarankan untuk selalu melakukan gerakan ringan seperti senam yoga ataupun kegel demi kesehatannya. Dengan melakukan senam kegel misalnya, tidak hanya bermanfaat dalam mengencangkan otot-otot sekitar pinggul, tetapi juga bisa membantu dalam mengatasi sembelit yang umum dialami oleh para ibu hamil.

4.       Membatasi diri dalam mengkonsumsi suplemen zat besi

Zat besi memang sangat baik bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil. Tetapi bila berlebihan dalam mengkonkonsumsinya, seperti meminum suplemen khusus zat besi justru sangatlah tidak baik bagi tubuh para ibu hamil. Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi dalam mengkonsumsi suplemen zat besi demi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

5.       Menghindari meminum obat pencahar

Cara ini memang cepat, tetapi sangat tidak dianjurkan bagi para ibu hamil. Obat pencahar akan bisa memberikan rekasi negatif bagi janin karena mengandung zat penghancur yang cukup tinggi dan berbahaya bagi perkembangan janin.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi sembelit pada ibu hamil secara alami dan aman untuk dipraktekkan oleh para ibu hamil di rumah. Semoga bermanfaat bagi bunda sekalian!
Share it:

pengobatan alami

Post A Comment:

0 comments: