Cara Mencegah Penyakit Kuning Pada Bayi Yang Alami

Share it:
Penyakit kuning merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada bayi yang baru lahir. Secara umumnya, bayi dengan kelahiran normal dapat mengalami kuning pada kuningnya. Akan resiko penyakit kuning ini lebih sering dialami oleh bayi yang prematur dalam proses kelahirannya. Karena pigmen kuning atau bilirubin darah meningkat hingga berpengaruh pada kulit. Sementara hati bayi belum sempurna hingga proses pembuangan bilirubin dalam darahnya berjalan lambat dan menyebabkan warna kuning pada kulit bayi. Hal itu tentu sangat tidak baik, maka dari itu perlu diatas dengan segera. Dan perlu diketahui bahwa penyakit kuning ini sebenarnya bisa bersifat fisiologis maupun patologis.

Adapun penyakit kuning yang bersifat fisiologis atau normal biasanya dengan cara merawat bayi seperti biasa, akan bisa hilang dengan sendirinya karena kadar bilirubin dalam darah akan berangsur normal dalam 4 atau lima hari. Sedangkan penyakit kuning yang bersifat patologis merupakan gangguan kesehatan yang harus segera ditangani sebelum terlambat.Jenis penyakit kuning patologis bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang diantaranya adalah adanya infeksi, adanya ketidakcocokan darah ibu dan bayinya, dan bisa juga disebabkan oleh kurangnya enzim G6PD (Glukosa 6 Phosphate Dehidrogenase) yang merupakan bagian penting darah yang memiliki kemampuan mencegah kerusakan sel-sel darah merah. Bila bayi Anda lahir dalam keadaan kuning karena faktor patologis maka harus diwaspadai dan segera diperiksa serta ditangani oleh para dokter ahli. Nah, di sini kami akan memberikan tips cara mencegah penyakit kuning pada bayi Anda berikut ini;

1.       Jemur bayi di waktu yang tepat


Seorang bayi yang tengah mengalami  penyakit kuning disarankan untuk dijemur pada waktu yang tepat, yakni sekitar pada pukul 8 sampai 9 di pagi hari. Hal ini bisa membantu kulit bayi menyerap sinar matahari pagi yang berguna bagi kesehatan kulit. Penjemuran di waktu itu juga agar bisa meminimalisir sang bayi mengalami kegerahan dan kepanasan.

2.       Jemur bayi sekitar 30-60 menit

Dalam proses menjemur bayi di pagi hari ini, janganlah terlalu lama. Disarankan hanya 30 hingga 60 menit sehari saja sudah cukup membantu bayi untuk terhindar dari penyakit kuning.

3.       Jemur bayi dengan melepas bajunya

Sebelumnya melakukan penjemuran bayi ini, Anda sebaiknya memandikan dahulu lsep[erti biasa di pagi hari. Setelah itu, jemurlah bayi Anda tanpa mengenakan bajunya. Hal ini agar sinar mahatari pagi yang baik dapat terserap dengan baik untuk menghindari penyakit kuning pada bayi Anda.

4.       Usahakan mata bayi jangan terkena sinar matahari langsung

Saat dalam proses penjemuran bayi, usahakanlah dalam melindungi bagian mata sang bayi untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jadi Anda bisa melakukan penjemuran ini dalam rumah, dimana bagian rumah itu terkena sinar matahari.

5.       Usahakan membuat bayi menjadi relaks dan tidak stress

Cara ini tentu saja dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan bayi, apalagi bila bayi sedang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kuning ini. Maka dari itu, usahakan membangun suasana ruang yang bisa membuat bayi merasa tenang dan nyaman.

Itulah cara mencegah penyakit kuning pada bayi dalam artikel kali ini, ladies. Kami berharap bisa membantu para ibu dalam merawat bayi secara baik.
Share it:

tips bayi sehat dan cerdas

Post A Comment:

0 comments: