7 Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Pada Ibu Hamil

Share it:
Perasaan senang dengan memperoleh kehamilan harus diiringi dengan pengetahuan tentang merawat dan menjaga kandungan, salah satunya adalah tahu tentang cara mengatasi nyeri ulu hati pada ibu hamil muda dan tua dengan alami dan aman bagi janin.

Perlu diketahui bahwa nyeri ulu hati merupakan masalah umum yang diderita oleh ibu mengandung terutama pada saat trimester awal kehamilan. Wanita hamil akan merasakan sakit dengan sensasi terbakar pada bagian dada budan. Bahkan, keluhan dan masalah rasa terbakar di dada ini pada beberapa kasus sepanjang masa kehamilan sampai hamil tua.



Penyebab nyeri ulu hati pada wanita hamil adalah produktifitas sekresi hormon wanita yang meningkat, yakni progesteron. Peningkatan produksi progesteron bakal melonggarkan organ bagian katup yang terletak di antara kerongkongan dan perut.

Bunda kami share cara mengatasi nyeri ulu hati saat hamil muda dan tua di antaranya yaitu :

1. Mengkonsumsi Jus Lemon

Tahukah moms bahwa tips mengatasi nyeri ulu hati untuk ibu hamil paling mudah dan menyenagkan adalah dengan meminum jus lemon hangat ? cara mengobati nyeri ulu hati dengan jus lemon karena akan menetralkan zat asam pada perut Anda sekaligus memproduksi alkali yang dapat menstabilkan asam lambung.

2. Permen Karet

Mengunyah permen karena juga masuk dalam tips menghilangkan nyeri ulu hati, apakah Anda heran kok bisa ya ? ketika Anda mengunyah permen karet dalam jangka waktu lama maka air liur yang masuk dalam perut menjadi banyak, dan khasiat adalah air liur bisa menstabilkan asam lambung dan menghindari nyeri ulu hati wanita hamil.

3. Segelas Minuman Jahe Hangat

Obat tradisional jahe telah dikenal dalam pengobatan china untuk menghilangkan penyakit ulu hati dan sakit perut atau beberapa penyakit dengan faktor penyebab asam lambung. Buatlah segelas minuman air panas dengan jahe yang dimemarkan dan tungguh hingga hangat untuk meminumnya, bila ingin nikmat silahkan ditambahkan gula.

4. Pola Makan Yang Baik

Nyeri ulu hati pada ibu hamil muda atau tua bisa saja disebabkan suka mengkonsumsi minuman dan makanan mengandung kafein dan coklat. Jangan konsumsi pula masakan makanan pedas dan berminyak karena menjadi pemicu rasa mulas pada lambung ibu mengandung.

Kami juga menyarankan supaya bunda menghindari minuman bersoda, masakan dengan bumbu berlebih, makanan asam dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

5. Rileks Dengan Berbaring

Dalam mengobati nyeri ulu hati, wanita hamil disarankan untuk rileks dengan berbaringlah santai di kasur atau sofa. Tambahkan bantal sebagai ganjal pada area sekitar punggung dan dada. Diketahui posisi santai ini mengatasi rasa nyeri di bagian ulu hati karena asam lambung yang tinggi.

6. Cobalah Makan Makanan Berserat

Makanan penuh dengan serat semisal sayuran dapat menyingkirkan nyeri ulu hati karena serat bakal mempermudah kerja dari lambung dalam memproses makanan.

7. Pakaian Longgar dan Nyaman

Cara mengatasi nyeri ulu hati pada ibu yang terakhir adalah mengenakan pakaian yang longgar dan kain menyerap keringat supaya Anda tidak sering merasakan panas.
Share it:

masalah kehamilan

Post A Comment:

0 comments: