Saat Hamil Perut Terasa Keras Usia 34 Minggu

Share it:
Banyak moms yang mengalami saat hamil perut terasa keras usia 34 minggu sampai dengan 35 minggu yang memberikan rasa was-was dan cemas karna takut terjadi hal buruk pada kehamilan yang berusia 8 bulan ini. Kadang pengetahuan yang didapat dari sharing pengalaman dan pengetahun wanita mengandung bisa menjadi acuan kita dalam menanggapi perut keras usia hamil 8 bulan ini.

Tidak sedikit ibu hamil mendapati perut mengeras yang berdampak pada kegiatan sehari-hari semisal berdiri dan berjalan sangat susah karena sudah terasa nyeri di bagian perut dan area organ reproduksi, mari kita coba jelaskan menurut pengalaman beberapa bumil.

Saat Hamil Perut Terasa Keras Usia 34 Minggu
Saat Hamil Perut Terasa Keras Usia 34 Minggu

Penjelasan Saat Hamil Perut Terasa Keras Usia 34 Minggu


Tidak sedikit lho, ibu hamil dengan usia 30 minggu ke atas yang mengalami konstraksi palsu dengan gejala perut mengeras dan sering kali disertai dengan nyeri pada perut bagian bawah. Setelah diperiksakan ke dokter kandungan kadang kasusnya adalah bayi / janin sudah turun posisinya sehingga dokter menyarankan banyak istirahat supaya bayi dapat dilahirkan tepat pada usia 9 bulan.

Apabila wanita mengandung mengalami perut keras saat hamil usia 30 minggu ke atas semisal 31 minggu, 32 minggu, 33 minggu, 34 minggu atau 35 minggu maka segeralah banyak istirahat supaya tidak mengalami capek dan lelah yang bisa menyebabkan janin dilahirkan pada waktu dini atau kelahiran prematur.

Jika saat hamil perut terasa keras dan kencang maka bunda harus menuruti saja apa yang telah dijelaskan oleh dokter kandungan sewaktu konsultasi. Posisi bayi yang telah terlanjur turun maka kurangi aktivitas apalagi aktivitas berat, bisa juga bunda berest demi kesehatan janin tercinta.

Kenapa Perut Terasa Keras Saat Hamil Usia 32 Minggu Hingga 34 Minggu ?


Saat Hamil Perut Terasa Keras Usia 34 Minggu


Perut terasa keras saat hamil memasuki usia 8 bulan ini disebut sebagai kontraksi palsu. Jenis kontraksi palsu ini mempunyai istilah kedokteran yakni Braxton-Hicks yang dijelaskan akan dirasakan oleh ibu mengandung pada kehamilan usia 32 minggu - 34 minggu. Waktu kontraksi palsu ini bisa terjadi dengan interval 30 menit sekali dengan jangka waktu 30 detik. Kontraksi palsu memberikan rasa nyeri yang identik dengan kram saat haid dan interval semakin pendek namun tidak semakin melemah dan hilang.

Cara mengatasi Perut Terasa Keras Saat Hamil Usia 34 Minggu


Cara mengatasinya ialah dengan berendamlah dalam air hangat supaya kontraksi palsu cepat reda. Akan tetapi apabila kontraksi ini bertambah kuat dengan interval bertambah pendek kemungkinan persalinan dapat terjadi.

Itulah cara mengatasi dan penyebab kenapa saat hamil perut terasa keras usia 34 minggu yang semoga membantu bunda.
Share it:

masalah kehamilan

Post A Comment:

0 comments: