Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja

Share it:
Mayoritas bumil di era modern ini perlu tahu cara menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja supaya mendapatkan kondisi yang aman dan tidak beresiko meskipun datang ke kantor sampai masa sebelum melahirkan tiba.

Apakah aman ibu hamil bekerja selama masa kehamilan ?

Jawabannya hal ini sangat bergantung pada kesehatan mama sendiri, kesehatan janin dalam rahim dan jenis pekerjaan yang mama kerjakan. Segera konsultasi kepada dokter, perawat atau bidan yang dipercayai supaya mereka bisa dapat membantu bunda dalam merencanakan masa dimana bunda nanti berhenti bekerja di kantor.


Apakah aman bagi ibu hamil untuk bekerja selama masa kehamilan?

Menurut data bahwa banyak perempuan hamil yang bekerja tidak mengalami komplikasi yang serius, namun hal itu harus didapat ketika perempuan mengandung melakukan beberapa jenis pekerjaan yang tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi diri bunda atau janin dalam rahim.

Jika bunda bekerja dengan keras atau menguras fisik berlebih maka dokter kandungan dan bidan akan menyarankan bunda untuk segera istirahat apabila didadapi gejala serius.

Ibu mengandung juga harus bekerja pada lingkungan yang aman semisal tidak ada bahan kimia tertentu yang berbahaya bagi sistem pernafasan dan sistem pencernaan, pelarut, radiasi atau polusi asap.

Wanita hamil juga harus dapat menimbang apakah tempat bekerja dia itu sesuai dengan petunjuk keselamatan supaya dapat menghindari kontak dengan beberapa zat berbahaya di tempat kerja itu. Bicarakan dengan atasan atau pemilik perusahaan supaya bunda mendapatkan kebijakan untuk tetap sehat sewaktu bekerja.

Bunda juga bertanya bolehkah ibu hamil bekerja keras ?

Jawabannya ialah tidak diperbolehkan karena akan menurunkan kondisi kesehatan yang berakibat pada kesehatan mama sendiri dan bayi di kandungan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja

Berikut kami share cara menjaga kesehatan ibu hamil yaitu :
  1. Tidak boleh membungkuk atau lebih dari 10 kali per jam.
  2. Tidak boleh menaiki anak tangga lebih dari 3 kali selama 8 jam.
  3. tidak boleh berdiri selama lebih dari 4 jam pada satu waktu pekerjaan.
  4. jangan naik anak tangga lebih dari 3 kali per shift
  5. tidak boleh bekerja lebih dari 40 jam setiap minggu
  6. jangan kerja lembur atau malam
  7. Tidak boleh mengangkat beban lebih dari 23 kilogram sesudah masa kehamilan masuk minggu ke-20 
  8. jangan mengangkat lebih dari 11 kg sesudah masa kehamilan masuk minggu ke-24
  9. jangan terlalu sering membungkuk atau menaiki anak tangga sesuah masa kehamilan masuk minggu ke-28.
  10. Tidak boleh bekerja pada ruangan atau produk bahan kimia, radiasi, pelarut dan polus asap.
Itulah share buat mama sekalian bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil yang bekerja supaya mendapatkan kondisi yang sehat sampai masa persalinan tiba.
Share it:

pantangan ibu hamil

Post A Comment:

0 comments: